digital marketing

4 Keuntungan Luar Biasa Menjadi Affiliate Marketer

4 Keuntungan Luar Biasa Menjadi Affiliate Marketer

 

Ada banyak sekali profesi yang bisa Anda jalankan ketika Anda mulai terhubung dengan internet, mulai dari membuka lapak dagangan secara online, menjadi blogger yang memanfaatkan Google Adsense untuk mendulang pundi-pundi uang, menjadi Youtuber yang membuat konten-konten kreatif, menjadi seorang konsultan internet hingga menjadi affiliate marketer.

Affiliate marketer atau pemasar afiliasi adalah seseorang yang memasarkan produk milik orang lain kemudian Anda akan mendapatkan komisi setelah berhasil menjualkan. Jika di dunia nyata, pemasar afiliasi ini sama seperti broker atau makelar. Meski terdengar cukup sulit, namun profit yang bisa Anda dapatkan dengan berprofesi sebagai pemasar afiliasi cukup menggiurkan.

Keuntungan Menjadi Affiliate Marketer

Tidak perlu bingung mencari/membuat produk

Hal ini sudah jelas sekali, sebab Anda-lah yang memasarkan produk orang lain, tentu saja Anda tidak perlu memikirkan tentang produk apa yang akan Anda jual. Jadi boleh dibilang, pemasar afiliasi merupakan profesi yang paling praktis dibandingkan profesi lainnya yang berhubungan dengan internet. Bisnis affiliate marketing ini cocok untuk Anda yang memiliki modal terbatas.

Tidak perlu membuat situs penjualan

Tugas Anda sebagai pemasar afiliasi hanyalah untuk membuat orang lain membeli produk pada situs web yang terafiliasi dengan blog atau web Anda, atau setidaknya meningkatkan trafik situs web toko online tersebut. Caranya adalah dengan memasang tautan pada blog/situs web Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi membuat sendiri laman web penjualan.

Tidak berhadapan langsung dengan pembeli

Anda mungkin adalah marketing namun Anda tidak benar-benar berhadapan dengan calon pembeli atau customer. Sehingga Anda tidak memiliki kewajiban untuk menjawab pertanyaan atau menanggapi keluhan konsumen mengenai produk yang Anda pasarkan.

Selain itu, karena tugas Anda hanyalah untuk memasarkan, maka Anda tak perlu lagi mengurusi hal-hal seperti pembayaran, pengiriman barang dan sebagainya.

Risiko relatif lebih minim

Sadar atau tidak, risiko menjadi affiliate marketer lebih minim dibandingkan sebagai pembuat produk atau pemilik lapak. Anda tidak akan menghadapi masalah perputaran modal, keluhan pelanggan, barang tidak laku dan sebagainya. Semakin banyak orang yang tertarik mengafiliasikan produk atau lapaknya dengan Anda, maka Anda akan semakin untung.

Namun jangan kira bahwa memasarkan produk via online itu mudah. Anda juga harus tahu ilmunya. Alih-alih mendapat untung, justru Anda tidak menghasilkan apa-apa atau bahkan malah rugi setelah menjadi pemasar afiliasi.

Close