beritaKesehatan

Air Tinja Dapat Di proses Jadi Air Bersih?

Theopencritic.com – Akhir-akhir ini pembicaraan mengenai air tinja yang dapat dirubah jadi air bersih atau bahkan juga air yang wajar untuk diminum jadi pembicaraan hangat penduduk. Direktur Utama PD PAL Jaya Subekti juga lalu keluarkan keterangan tentang hal seperti ini.

Seperti kita kenali, PD PAL Jaya ialah perusahaan pengendalian air sampah yang dipunyai oleh Pemprov DKI Jakarta. Perusahaan ini memakai alat bernama PAL-Andrich Tech Sistem, alat yang dipunyai oleh PT MJH Lestari yang disebut-sebut dapat merubah air tinja dari septic tank jadi air bersih yang wajar untuk dikonsumsi.

Subekti berkata jika skema pemrosesan air ini nyatanya diperuntukkan untuk melakukan perbaikan kualitas olahan air sampah, bukannya diperuntukkan untuk mengubah jadi air yang wajar untuk diminum. Pengakuan Subekti berkebalikan dengan pengakuan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang awal mulanya memandang air bersih ini wajar untuk dikonsumsi.

Baca juga: Layanan Sedot WC & Perbaikan Saluran

Subekti juga mengatakan jika PD PAL cuma memilik pekerjaan untuk memproses air sampah yang dibuang oleh penduduk ibukota serta mengalirkannya kembali pada lingkungan, akan tetapi dengan keadaan yang tambah lebih bersih. Hal seperti ini diinginkan membuat lingkungan tidak lagi terkena sampah manusia dengan keadaan yang jelek.

“Kalau berkaitan dengan air minum, hal seperti ini benar-benar bukan pekerjaan kami, ” kata Subekti.

Akan tetapi, air bersih hasil olahan PD PAL memang dipandang telah wajar untuk dipakai menjadi kepentingan keseharian, walau tentunya tidak wajar untuk diminum. Menjadi contoh, air ini dapat digunakan untuk membersihkan mobil atau menyiram tanaman.

Subekti juga tidak ingin jamin apa air bersih hasil olahan dari air tinja ini dapat cukuplah bersih untuk mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah. Ia juga menyebutkan Komisi Fatwa dari MUI yang lebih memiliki hak untuk mengecheck serta memutuskan mengenai hal seperti ini.

Tags

Related Articles

Close