Kesehatan

Konsep Pengobatan Holistik

Info Manfaat Pengobatan Holistik Serta Pengaplikasian Dalam Metode Kedokteran Modern

Konsep pengobatan holistik meliputi segala aspek yang berkaitan dengan pasien sebagai obyek. Pengobatan ini meliputi aspek jasmani, rohani, pikiran, spiritual, sosial dan lingkungan. Jika seseorang menderita suatu penyakit, seorang dokter akan menerapkan konsep pengobatan holistik yang mencakup semua unsur yang telah disebutkan diatas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam konsep holistik

• Adanya kerjasama
Diperlukan kerjasama yang baik antara praktisi kesehatan dan individu yang sakit agar dapat diambil satu kesamaam pemahaman dalam proses pengobatan
• Adanya keterbukaan
Seorang pasien hendaklah berkata jujur dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan praktisi kesehatan agar dalam menegakkan diagnosa tidak terjadi kesalahan yang berimbas pada kesalahan obat.
• Persepsi dan harapan yang optimal
Dalam hal ini pihak praktisi kesehatan haruslah menjelaskan sebaik mungkin tentang kondisi pasien. Apa yang sebenarnya terjadi pada pasien dan pada tahap mana penyakitnya berada. Selain dari itu, apa pencapaian tertinggi dari tingkat kesehatan yang masih dapat dialami pasien.

Beberapa cara dan pola pengobatan secara holistik juga dapat dilandasi dasar-dasar medis. Pola pengobatan ala barat atau konvensional dicampur dengan pola pengobatan dari timur atau easternisasi dan juga melibatkan pengobatan herbal dan tradisional. Semuanya itu dapat seiring sejalan seandainya masing-masing praktisi memahami betul konsep pengobatan secara holistik.

Konsep pengobatan holistik
Konsep pengobatan holistik

Konsep pengobatan holistik meliputi :

1. Jasmani
Faktor fisik atau jasmani selalu menjadi target nomor satu dalam tahapan proses pengobatan secara holistik. Walaupun sebenarnya tidak ada aturan baku kearah itu.
2. Rohani
Aspek rohani adalah aspek penunjang utama dalam pengobatan holistik. Ada istilah mens sana in corpore sano artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ternyata tingkat kesehatan seseorang sangatlah ditentukan oleh kekuatan jiwanya dalam menghadapi segala tekanan kehidupan ini.
3. Mental spiritual
Dalam hal ini kesehatan pola pikiran dan religi terhadap kepercayaan agamanya sangatlah penting untuk digali demi tercapainya kesuksesan pengobatan holistik. Saat seorang pasien mengalami kepasrahan total terhadap penciptanya, disitulah sebenarnya titik tertinggi kesehatan mentalnya. Ternyata setelah tercapai kesehatan mental, memperbaiki kondisi fisik akan jauh lebih mudah.

Related Articles

Close